Terkait Jabatan Plt,  BKPSDM Akan Seleksi Terbuka Tengah Tahun 2022

Musi Rawas, silampari.com – Terkait dengan adanya Jabatan Plt di Pemkan Musi Rawas, Kepala BKPSDM David Pulung menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi secara serta merta dan bukan sesuatu yg direncanakan.

Penomena Jabtan Plt. bisa terjadi karena adanya ASN yang pensiun, atau meninggal dunia, pindah tugas dan lainnya. Intinya penomena ini tidak terkait dengan masa jabatan kepala daerah, jabatan setahun atau lima tahun bukanlah suatu ukuran, karena itu terjadi begitu mobile administrasi kepegawaian PNS.

Lanjutnya, tapi jika hal ini pun mau dikaitkan dengan jabatan kepala daerah khususnya Bupati Ratna Machmud dan Wabup Suwarti dalam 1 tahun kepemimpinannya, terkait Plt Kepala OPD sudah sangat baik, kita juga harus ingat bahwa ada UU No10 tahun 2016 tentang  Pilkada yang menyatakan bahwa kepala daerah terpilih dilarang melakukan perubahan pejabat walaupun pada saat itu Plt sudah ada.

“Efektif dalam 1.tahun  kepemimpinan Bupati Ratna Maxhmud sebenarnya beliau cuma ada waktu 6 bulan untuk urusan menyusun kepala OPD dan dalam waktu yang sangat singkat itu setidaknya 4 jabatan strategis yg berpotensi Plt sudah bisa diisi dengan pejabat definitif, yaitu : Inspekttur, Kepala BPPRD, Assisten 1 dan Kepala BAPPEDA.

Tahun ini (2022) Plt di lingkungan Pemkab Mura pun akan dikurangi, caranya dengan seleksi terbuka atau lelang jabatan, insya Allah pertengahan tahun 2022 ini beberapa jabatan yang kosong akan di lelang,” imbuhnya.

Seleksi jabatan terbuka ini, jelas David Pulung akan diadakan sesuai dengan kemampuan Anggaran yang ada pada BKPSDM pada tahun 2022 .

Jika kemampuan anggaran bisa menyelesaikan pada 7 kekosongan jabatan tersebut maka kita akan raelisasikan pada kekosongan jabatan tersebut.

Jika anggaran tidak mampu untuk merealisasikan maka akan di lanjutkan pada tahun berikutnya.

“Pelaksanaan seleksi jabatan terbuka tahun dilaksanakan sesuai keadaan anggaran,” ujar David Pulung. (Edison)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.