Sekda Mura Ikut Rakor Pelaksanaan Kesiapan Vaksinasi Covid 19 dan Penegakan Prokes Bersama Mendagri, Menkes dan Ka. BNPB

MUSIRAWAS

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Musi Rawas (Mura) EC Priskodesi, ikuti Rapat Koordinasi (Rakor) pelaksanaan kesiapan Vaksinasi Covid-19 dan Penegakan Protokol Kesehatan bersama Medagri RI, Menteri Kesehatan RI, Ka. BNPB dan Kasatgas Kovid-19 dengan Para Gubernur serta Para Bupati seluruh Indonesia melalui Video Conference (Vidcon), Selasa (05/01/2021) di Ruang Kerja Sekda Kab. Musi Rawas.

Dalam sambutannya, Menkes RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksinasi perdana akan dilaksanakan pada Rabu (13/01/2021) yang diikuti oleh Presiden, Gubernur, serta perangkat daerah yang ada di Provinsi DKI Jakarta, dan dilanjutkan oleh seluruh kepala daerah seluruh Indonesia pada tanggal (14/15). Menkes mengungkapkan dari 188 juta rakyat Indonesia, 181,5 juta jiwa akan menjadi target vaksinasi dikarenakan untuk rakyat dengan kondisi hamil atau pernah terpapar covid 19 tidak disarankan untuk vaksinasi.

Sedangkan usia yang diperbolehkan untuk mengikuti vaksinasi ialah usia 18 sampai 59 tahun dan untuk usia 60 tahun akan di vaksinasi menunggu keamanan vaksin dari BPOM. Vaksin Indonesia sendiri didapat dari China 125 juta, Amerika-Canada 130 juta, Inggris 100 juta dan Amerika-Jerman 100 juta. Menkes menyebutkan pembelian vaksin dengan negara yang berbeda-beda merupakan antisipasi apabila negara tersebut menutup border ekspor vaksin dan dapat mempererat hubungan bilateral politik Indonesia.

Menkes menambahkan, Wave 1 periode vaksinasi dilaksanakan pada Januari 2021 sampai April 2021 yaitu Petugas Kesehatan, Petugas Publik dan Lansia. Sedangkan, Wave 2 periode vaksinasi April 2021 sampai Maret 2022 yaitu Masyarakat Rentan ialah masyarakat didaerah dengan resiko penularan tinggi dan terakhir yaitu Masyarakat Lainnya.(*)

Tinggalkan Balasan