SADAR KAYA : “Pilih yang Ingin Anda Pikirkan”

SADAR KAYA : “Pilih yang Ingin Anda Pikirkan”

Baca Artikel Sebelumnya : SADAR KAYA : “Memahat Itu Butuh Waktu”

Layaknya seorang Michelangelo dalam membuat patung David, dia “membuang apa-apa yang bukan David”. Ya, artinya kita perlu membuang apa-apa yang buruk buat pikiran.

Celetukan negatif, komentar sinis, bicara kasar, prasangka buruk, itu semua bukan mahakarya. Bukan anda. Bukan kita. Sebaiknya pikiran-pikiran seperti itu segera dibuang, kemudian setelahnya segera dipoles dan diasah. Jangan pernah dipakai lagi semua hal yang negatif.

Penting untuk diingat, satu-satunya hal di jagat raya ini yang dapat anda kendalikan secara penuh adalah pikiran anda. Anda dapat memutuskan apa yang ingin anda pikirkan dalam menghadapi satu situasi tertentu.

Baca : SADAR KAYA : “Magnet Hidup”

Pikiran anda dan cara anda menginterpretasikan kejadian apapun itu, akan mendorong terbentuknya perasaan anda, baik positif maupun negatif. Pikiran dan perasaan anda akan membawa anda pada tindakan-tindakan yang kemudian anda ambil dan menentukan hasil yang nantinya akan anda peroleh. Semuanya bermula dari pikiran anda.

Pikiran yang positif menunjang kehidupan. Pikiran-pikiran seperti itu akan memberi kekuatan bagi anda  membuat anda merasa lebih tangguh dan percaya diri. Pikiran yang positif bukan hanya sebuah ide yang bersifat memotivasi.

Pikiran seperti ini juga memiliki efek efek konstruktif yang besarnya dapat diukur terhadap kepribadian, kesehatan, tingkat energi, dan kreativitas anda. Semakin positif dan optimistis anda, semakin bahagia anda dalam setiap aspek kehidupan.

Pikiran-pikiran yang negatif akan mendatangkan hasil yang sebaliknya. Pikiran-pikiran seperti ini akan menekan dan membuat anda merasa lebih lemah dan merasa dan kurang percaya diri. Kapanpun anda berpikir atau mengatakan sesuatu yang negatif, anda sebenarnya sedang melemahkan kekuatan anda.

Anda merasa marah dan defensif. Anda frustasi dan tidak bahagia. Lambat laun, pemikiran yang negatif akan dapat membuat anda sakit secara fisik dan bahkan dapat meracuni hubungan-hubungan anda dengan orang lain.

Berbeda dengan pikiran positif yang akan memberi anda kesehatan mental dan prestasi puncak, pikiran negatif menimbulkan penyakit mental dan menurunkan efektivitas. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan kehidupan yang indah, anda harus mengarahkan sasaran-sasaran anda pada penanaman berbagai emosi positif dalam diri dan membuang jauh-jauh emosi yang negatif.

Penghapusan emosi negatif adalah satu langkah yang sangat penting yang dapat anda ambil demi mendapatkan kesehatan, kebahagiaan dan kesejahteraan pribadi.

Setiap kali anda memegang kendali penuh atas pikiran dan perasaan anda, serta mendisiplinkan diri agar tetap memelihara pikiran pikiran dan perasaan perasaan yang positif, kualitas hidup anda, baik mental maupun fisik akan meningkat.

Ketiadaan emosi negatif akan membuat pikiran anda secara otomatis terisi oleh emosi-emosi yang positif, yang menghasilkan perasaan bahagia dan puas. Putuskan sekarang bahwa anda memilih apa yang ingin anda pikirkan.

Hukum substitusi mengatakan bahwa otak anda hanya mempunyai cukup ruang bagi satu pikiran setiap kalinya, baik itu positif ataupun negatif. Anda dapat mengganti sebuah pikiran negatif dengan sebuah pikiran positif, kapanpun anda mau.

Anda dapat mengaplikasikan hukum ini dengan berpikir tentang sesuatu yang positif secara sengaja setiap kali anda ingin menghapuskan sebuah pikiran atau perasaan yang membuat anda marah atau tidak bahagia.

Baca : SADAR KAYA : “Ketidakmungkinan Yang Disegerakan”

Hukum kebiasaan mengatakan bahwa, “Pikiran atau tindakan apa saja yang anda lakukan secara berulang-ulang pada akhirnya akan menjadi sebuah kebiasaan baru.” Jadi, setiap kali anda bereaksi dan merespons cara positif anda sebenarnya mengendalikan alam pikiran sadar anda.

Dengan segera, hal ini akan tumbuh menjadi sesuatu kebiasaan yang otomatis akan anda lakukan sehingga berpikir dan berlaku dengan cara seperti ini akan menjadi mudah bagi anda. Dengan tekad yang keras dan pengulangan terus-menerus, anda akan dapat mengembangkan satu kebiasaan berpikir dan bertindak yang baru.

Dengan menerapkan hukum ini, anda akan dapat menjadi seseorang yang benar-benar positif, dan anda dapat mengubah hidup anda juga dengan membuang apa-apa yang bukan David. Anda pasti sudah siap sekarang.

Sumber : Buku ‘SADAR KAYA’ 

Karya : Mardigu Wowiek Prasantyo

Baca Artikel Berikutnya : SADAR KAYA : “Anda Diciptakan untuk Sukses”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: