Peringatan Hari LHS di Mura Beraneka Ragam Penghargaan

Musi Rawas – silampri.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan menggelar acara peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia (HLHS). Puncak acara dilaksanakan di Halaman Kantor DLH Musirawas, Selasa (7/12/2021).

Bupati Mura, Hj. Ratna Machmud dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Stap Ahli Bupati, H Amra Muslimin menjelaskan melalui peringatan acara HLHS ini maka saatnya untuk dapat dilakukan penyesuaian berfikir dan bertindak, Reimagine, Recreation dan Restore.

“Hal yang tidak kalah penting dalam Restorasi Ekosistim dan ketahanan iklim yang berkelanjutan adalah kesadaran dan kepedulian bersama dari seluruh elemen masyarakat,” pesan Bupati.

Demikian pula dengan komunikasi, informasi dan edukasi yang masif dan sistematis yang dijalani oleh semua pihak. Baik pemerintah, akademisi, dunia usaha, komunitas dan komponen masyarakat lainnya.

Selain itu, terlihat juga Staf Ahli Bupati H. Amra Muslimin melakukan absen perwakilan perusahaan yang hadir dalam acara ini.

Sebelumnya, Kepala DLH Mura, Teddy Laszuardi sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan menyampaikan tujuan acara ini diantaranya adalah meningkatkan komitmen pelaku usaha dalam pengelolaan lingkungan hidup dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup serta sebagai media pembelajaran siswa sekolah dalam mengenal lingkungan dan pengelolaan lingkungan.

“Tema yang diusung dalam kegiatan ini sesuai dengan yang ditetapkan oleh United Nation Environment Programme (UNEP) yakni Ecosystem Restoration atau Restorasi Ekosistim,” ujar Teddy.

Kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah Lomba Lukis, Lomba fashion 3R, Lomba puisi bertema lingkungan dan penilaian kampung hijau.

“Selain itu, kami juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Musirawas mendapatkan Piagam Apresiasi Pembinaan Proklim (Program Kampung Iklim) tingkat Nasional dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Piagam Penghargaan kepada Bupati Musirawas sebagai Pembina Proklim dari Gubernur Herman Deru,” tambah Teddy.

Acara juga diwarnai dengan pemberian penghargaan kepada pemenang lomba-lomba bertema lingkungan dan penghargaan apresiasi sekolah adiwiyata, desa kampung iklim dan perusahaan kampung iklim. (Edison)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.