Penerima Dana Hibah KTNA Mura, Potensi Jadi ‘Tersangka’

MUSI RAWAS – | Oknum pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Musi Rawas (Mura) berpotensi menjadi ‘Tersangka’. Jum’at (5/3).

Pasalnya, Dana Hibah Rp 1.075 miliar untuk Kegiatan Pekan Nasional (PENAS) Tahun 2020 di Sumatera Barat (Sumbar) diibatalkan Pemerintah Pusat karena pandemi Covid-19, namun belum dikembalikan sepenuhnya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura sebagai pemberi hibah.

Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mura telah berulangkali melayangkan surat ke KTNA untuk mengembalikan uang tersebut. Hingga Tahun 2020 berakhir masih sekitar lima ratus juta lebih, tidak dikembalikan KTNA dan disalahgunakan.

Mengenai hal, Kejaksaan Negeri Lubuklinggau telah memeriksa dan minta keterangan pengurus KTNA. Jaksa Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) telah memanggil Catur Handoko, selaku Ketua KTNA Musi Rawas dan Bendahara serta Oknum lainya.

“Uang Rp.1,075 miliar, dalam rekening KTNA di Bank Sumsel Babel tak tersisa atau dikuras habis oleh KTNA dengan mengunakan tiga koper”. Informasi beredar di Kejaksaan Negeri Lubuklinggau, dalam perkara ini ada potensi.”Parah, rasoku gara-gara hibah ini, Ketua KTNA berpotensi tersangka”.

Sebelumnya, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lubuklinggau, Willy Ade Chaidir membenarkan bahwa pihaknya saat ini tengah menangani kasus dugaan penyimpangan pada Dana Hibah KTNA Mura tersebut.

“Benar, Pidsus Kejari Lubuk Linggau sedang menangani,” Kata Willy.

Terpisah, Catur Handoko, selaku Ketua KTNA Kabupaten Mura, belum bisa berkomentar banyak, dirinya beralasan akan berkoordinasi lebih dulu ke Dinas Pertanian dan Perikanan.

“Aku, belum bisa jawab mas. Akuinya, dia akan berkoordinasi dulu ke Dinas terkait,”.ujarnya.

Editor : Faisol

Sumber : Linggauupdate.com

Link : https://www.linggauupdate.com/penerima-hibah-ktna-musi-rawas-berpotensi-tersangka/

Tinggalkan Balasan