Pemkot Lubuklinggau Ikut Puncak Peringatan Hari Ibu ke-92 Virtual

LUBUKLINGGAU – | Staf Ahli Walikota Lubuklinggau Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Sugianto didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM), Heri Zulianta, Ketua DWP Hj Rika Rahman, wanita inspirator Kota Lubuklinggau, Winasta menghadiri acara puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-92 Tahun 2020 melalui aplikasi zoom, bertempat di Posko Induk GTPP COVID-19 Kota Lubuklinggau, Selasa (22/12/2020).

Dalam sambutannya, Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan dalam situasi yang serba sulit ini, tidak menghentikan langkah perempuan-perempuan Indonesia untuk hadir di garda terdepan.

Perempuan turun dan menjadi penggerak sosial dengan membangun kesadaran masyarakat di berbagai daerah. Perempuan juga mengambil peran penting dalam memerangi Covid-19 dengan menjadi tenaga kesehatan, ilmuwan/peneliti, dan penjaga bagi keluarganya sendiri.

Melalui PHI ke-92 Tahun 2020 ini, dirinya berharap perempuan-perempuan Indonesia sadar betapa berharga dirinya. Utamanya karena tidak pernah berhenti merawat perjuangan para perempuan Indonesia di masa yang lalu, dalam gerak sekecil apapun, yang berarti melebihi apapun. Untuk itu, mari warnai PHI dengan peran, kerja, dan karya nyata dari anda semua, untuk Indonesia tercinta. Perempuan Berdaya, Indonesia Maju.

Sedangkan istri Wakil Presiden, ibu Hj. Wuri Maruf Amin menyampaikan sesuai mandat Pancasila dan UUD 1945, Indonesia menjunjung tinggi kesetaraan kedudukan antara perempuan dan laki-laki untuk memberikan kesejahteraan masyarakat.

Hj. Wuri Maruf Amin juga menyampaikan pembangunan nasional bertujuan untuk memberikan kesejahteraan masyarakat dan kunci utama SDM yang berkualitas diberbagai bidang.

Untuk mendorong pembanguan, sambungnya maka perlu pengembangan SDM yang selama ini menjadi prioritas dan disemangati sesuai arahan presiden RI. Pembangunan SDM ditujukan untuk seluruh masyarakat tanpa memandang latar belang apapun.

Hj. Wuri Maruf Amin juga mengungkapkan peran serta perempuan dalam pembangunan untuk membawa bangsa Indonesia menuju kemerdekaannya, pada saat Indonesia terjadi krisis moneter, peran serta perempuan dalam memulihkan ekonomi melalui UMKM apalagi pada masa pandemi peran serta perempuan melindungi, memastikan keluarga tetap sehat, melakukan solidaritas dan memproduksi alat-alat pelindung diri, peringatan hari ibu adalah momentum bagi kita semua untuk membangun semangat perempuan.

Tahun 2020 bukan tahun yang mudah, tetapi semangat perempuan tidak pernah pudar membangun bangsa. Semangat memberdaya perempuan harus dilakukan untuk menuju Indonesia maju, akan tetapi tanpa sinergi yang kuat menuju indonesia kuat tidak akan tercapai.

Acara diisi dengan penampilan video pahlawan perempuan dan pergerakannya, penghargaan perempuan inisiator, penampilan tarian solo dance takako leen (es lilin), pembacaan puisi “aloevera” oleh Restiawati, S.Pd dan senandung oleh Ika Indriani dari Sanggar Pelita Monas. Kemudian video dukungan perempuan Inspirator untuk PPPA, jawaban perempuan berdaya, one art dance, virtual fashion show dan tampilan lagu “Menyerah Bukan Pilihan”. | *

Tinggalkan Balasan