Job Fit Diduga Ada Mal Administrasi

Job Fit Diduga Ada Mal Administrasi

LUBUKLINGGAU – | Sekretaris Program Studi (Prodi) Hukum Tata Negara (HTN) STAI Bumi Silampari, Syaiful Anwar mengatakan bahwa ada indikasi mal administrasi dalam pelaksanaan Uji Kompetensi dan Uji Kesesuaian (Job Fit) bagi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Musi Rawas, Rabu – Jumat (28-30/4), di Hotel Dafam Lubuklinggau.

Lebih lanjut, Syaiful mengatakan bahwa job fit yang telah dilakukan Pemkab Musi Rawas melalui BKPSDM dapat dilihat mulai dari proses pengusulan sampai pelaksanaan apakah berdasarkan hukum dan ketentuan yang berlaku serta sesuai dengan kelaziman sebagaimana layaknya job fit.

“Ada yang aneh dalam job fit ini, yaitu Sekda aktif yang masa jabatan nya masih ada juga terdaftar dalam bakal calon yang ikut job fit, dan akan dites oleh eselon yang sama yaitu sama-sama Sekda aktif.

Jadi memperkuat indikasi adanya mal administrasi dalam kegiatan ini. Informasi Job fit juga tertutup dan hasilnya tidak terbuka sampai sekarang serta administrasi yang dipertanyakan prosedurnya. Apakah boleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas melaksanakan Job Fit dan dalam waktu bersamaan juga sebagai peserta yang mengikuti Job Fit.

Kami dari perguruan tinggi, STAI Bumi Silampari dalam waktu dekat berencana untuk mengundang pihak terkait termasuk Aparat Penegak Hukum (APH) untuk mendiskusikan apakah Job Fit yang telah dilaksanakan tersebut sesuai peraturan dan apakah tidak melanggar administrasi (mal administrasi) atau bahkan melanggar hukum lainnya.

Kami juga mempertanyakan kriteria tim penguji, mekanisme serta tahapan-tahapan pelaksanaan nya. Karena sampai hari ini belum ada pengumuman hasil dari job fit yang sudah dilaksanakan dan menggunakan uang negara” ujar Syaiful.

Salah satu peserta job fit yang tidak mau disebutkan mengatakan bahwa proses Job Fit sudah berlangsung dan yang menjadi penguji adalah Prof HM Edward Juliartha, Assisten III Propinsi Sumsel, Ibnu Amin mantan Bupati Musi Rawas, dan Sekretaris Kabupaten PALI serta dua orang lain yang dari pusat, hanya saja sampai hari ini belum tahu hasilnya.

David Pulung selaku kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Musi Rawas (Mura), ketika akan dikonfirmasi di kantor nya sedang dinas luar.

“Pak Kepala sedang dinas luar, beliau sedang berada Kantor regional VII BKN Palembang” ujar Hendri, Sekretaris BKPSDM ketika ditemui di ruang kerjanya (20/05/2021).

Sementara itu, Prof HM Edward Juliartha, selaku ketua tim penguji saat dihubungi oleh swarnanews.co.id mengatakan bahwa proses Job Fit sudah sesuai prosedur, dan hasil telah diberikan selesai kegiatan ke BKPSDM Musi Rawas.

Sumber : Petisirakyat.com
Link : https://petisirakyat.com/sekretaris-hukum-tata-negara-htn-stai-bs-pertanyakan-job-fit-pemkab-mura-terindikasi-mal-administrasi/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *