Ini Rencana Pengembangan Kawasan Inovasi dan TTG Pemkab Mura

MUSI RAWAS – | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) terus berupaya mengembangkan inovasi-inovasi terbaru demi kemajuan daerah. Teknologi Tepat Guna (TTG) sepertinya untuk saat ini menjadi sektor yang menjanjikan dalam memajukan dan mengembangkan Ekonomi Kreatif, bagi seluruh lapisan masyarakat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mura melalui Kabid Pengembangan Kawasan Inovasi Desa dan TTG, Darmadi mengatakan Pemkab Mura saat ini mengembangkan kawasan inovasi dan TTG Bidang Pariwisata di empat kawasan (kecamatan).

Diantaranya, Kecamatan Muara Kelingi, Kecamatan Muara Beliti, Kecamatan Tugumulyo, dan STL Ulu Terawas, sedangkan untuk pengembangan kawasan Bidang Ekonomi Kreatif ada di Kecamatan Tugumulyo, yang di kelola langsung oleh Desa.

“Kedepan akan ada penambahan kawasan baru, artinya tidak cukup hanya Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saja. Tetapi bisa juga seperti Kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS), tujuannya untuk pelestarian lingkungan DAS.

Untuk penambahan kawasan baru, masing-masing desa bisa dioptimalkan dan diberdayakan, sehingga menjadi sumber pendapatan desa,” katanya.

Ia menambahkan, beberapa desa yang sudah memiliki kriteria sudah bisa perda-kan sebagai Desa Ekonomi Kreatif dan destinasi Wisata yang memang tumbuh kembang oleh aset desa.

Contoh kawasan Inovasi TTG di Bidang Ekonomi Kreatif yang dapat dikembangkan, antara lain pembuatan
kawasan penghasil minyak sirih, seperti yang ada di Desa Peteran Jaya.

“Awalnya diberikan bibit secara gratis setiap Kartu keluarga (KK), lalu pengelolaannya melibatkan Bumdes; sehingga menjadi pendapatan Desa,” tutupnya, saat dibincangi dikantornya, Rabu (03/02/2021).

Penulis : Anggit/Fuad
Editor : Faisol

Tinggalkan Balasan