Hipnoterapi dan Self Compassion

Salah satu pendekatan teurapetik dalam Hipnoterapi yang sering digunakan untuk memaafkan peristiwa dimasa lalu adalah terapi pemaafan.

Pendekatan ini diharapkan bisa membebaskan seseorang dari rasa tidak nyaman yang terjadi dimasa lalu, sebab jika rasa tidak nyaman seperti sakit hati, benci, kecewa, marah, atau sedih itu bertahan lama dipikirkan tentu bisa berdampak pada tubuh, sosial dan mungkin produktivitas.

Terapi pemaafan bisa berdampak pada Self Compassion atau jika mau disederhanakan adalah tentang menyayangi diri sendiri, yaitu dengan mengakaji ulang suatu nilai dan keyakinan yang muncul karena sebuah pemaknaan.

Ada 5 dampak ketika Self Compassion seseorang tumbuh karena terapi pemaafan.

  1. Understanding
    Memaafkan bukan tentang orang lain, tapi tentang membuat diri nyaman dengan diri sendiri. Memahami juga berarti tentang mengakui bahwa peristiwa dimasa lalu punya hikmah yang bisa memunculkan keterampilan hidup baru.
  2. Accepting
    Penerimaan bahwa diri mungkin pernah disakiti karena saat itu tidak cukup strategi untuk membuat makna memberdayakan. Penerimaan juga tentang memahami bahwa peristiwa yang digariskan semesta agar seseorang menjadi pribadi yang tangguh.
  3. Shifting
    Saat seseorang memahami dan menerima lalu mengizinkan peristiwa itu jadi sejarah hidup, maka hal itu berpotensi terjadinya Shifting Paradigm atau perubahan paradigma berpikir, ada pemakanan baru, ada strategi baru dan ada action baru, sehingga kesadaran untuk melakukan perubahan bisa terjadi.
  4. Rewiring
    Mereka yang sudah ditahap penerimaan dan pemahaman akan dengan perlahan memperbaiki kata-kata dalam diri, terapi sugesti bisa menstruktur ulang misi baru dibenak seseorang, dengan kata dan saran yang diberikan terapis seseorang bisa dikuatkan egonya untuk move on, kalimat sugesti bisa membantu menjahit dan mengisi kotak-kotak kosong yang ada dipikiran seseorang.
  5. Forgiving
    Memang tidak mudah memaafkan, memang tidak gampang menutup luka batin dan memang tidak mudah menerima rasa disakiti perlu waktu untuk itu, hanya jika kita kembali dengan tema bahwa setiap peristiwa punya makna untuk seseorang menjadi manusia, maka Memaafkan adalah bonus dari memahami, menerima dan merubah cara pandang, jadi pemaafan bukan tujuan utama, tapi adalah proses.

Hipnoterapi dalam kajian luas bisa berarti terapi edukasi menggunakan pola hipnosis, dimana seseorang diajak berpikir ulang tentang nilai dan keyakinan yang membelenggu dirinya, oleh karena itu untuk klien dan terapis sendiri penting untuk memahami apa persisnya yang terjadi dan tujuan akhir apa yang diharapkan tercapai dalam sesi terapi.

Tema-tema pemaafan adalah tentang dimengertinya diri sendiri memiliki emosi, entah itu marah, kecewa dan sedih, sehingga saat kita mengakui rasa itu hadir, maka bisa jadi ada bagian lain yang bijak dalam diri kita yang membantu merubahnya, dengan ini kita juga bisa memahami bahwa diri kita adalah manusia biasa.

Lagi-lagi sebuah tulisan dibuat bukan untuk orang lain, tapi sebagai refleksi dan nasihat untuk diri sendiri bahwa memaafkan itu baik dan menjaga kesehatan mental.

Jadi, mari kita berlatih memahami dan menerima setiap peristiwa yang terjadi dalam kehidupan kita, dan menyadarinya bahwa itu untuk membuat kita menjadi manusia yang saya pada diri sendiri.

Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat.

Salam Hipnosis dan Keberlimpahan

Yusdi Lastutiyanto.,Cht (IACT-USA).,CI-IHC
Pembelajar Hipnosis

Tinggalkan Balasan