Diduga Honor Belum Dibayar 7 Bulan, Kepsek Bantah

TUGUMULYO – | Diduga honor guru di SMA Negeri Tugumulyo belum di bayar hingga 7 bulan pada Tahun 2020 lalu.

Hal ini terungkap dari penjelasan narasumber terpercaya melalui sambungan seluler (handphone). Menurutnya, honor di SMAN Negeri Tugumulyo belum diterima, bahkan guru-guru menolak menandatangani SPJ bahwa uang honor tersebut sudah dibayar.

“Kemudian honor tersebut baru dibayar 3 bulan dari keterlambatan 7 bulan dengan ditransfer melalui rekening langsung.

Selain itu juga ada penarikan uang Kartu Komite sebesar Rp 1 juta kemudian diminta Kepala Sekolah tersebut untuk membayar nyicil bagi yang tidak bisa bayar sekaligus,” ungkapnya, Senin (04/01/2021)

Terpisah, Kepala Sekolah SMAN Tugumulyo, Suheria menjelaskan memang ada honor yang belum dibayar yaitu honor untuk pengawas ujian kemaren atau honor kepanitiaan yang belum dibayar.

“Mereka kan PNS Guru dan memiliki gaji, kemudian mereka juga mendapatkan honor tambahan disaat mengawasi ujian semester kemaren, dan itu kalau ada sisa uang, kalau kepala sekolah yang nombok gak mungkin lah, nantilah nunggu uang negara,” kata dia.

Kemudian untuk honor yang lain, ia melanjutkan, sudah tidak ada tunggakan, semua sudah di bayar lunas dan saat ini semua sudah selesai.

“Mengenai banyaknya dan jumlah uang yang dibayar dan yang belum dibayar itu bukan urusan kalian.

Keuangan disekolah itu tidak boleh kalian tanyakan, bahkan wartawan seniorpun tidak boleh menanyakan hal tersebut,” kata dia lagi.

Ditambahkannya, mèngenai uang untuk komite itu memang ada berdasarkan dari komite dan ada ketuanya.

“Namun Itupun tidak ada patokan, ada yang 2 kali ada yang 6 kali bahkan ada yang 10 kali bayar,” kata dia sembari santai.

Editor : Faisol

Sumber : Tribunpos.com

Link : https://www.tribunpos.com/nasional/diduga-gaji-honor-sman-tugumulyo-nunggak-suheria-wartawan-resmipun-tak-boleh-bertanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *