Bupati Musi Rawas Hadiri Rakornas Forkopimda, Siap Ikut Instruksi Presiden

BOGOR – Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia Tahun 2023, di Sentul International Convention Centre (SICC), Bogor, Selasa (17/01/2023).

Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda bertema Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi ini dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

Dalam Rakornas tersebut, Presiden Jokowi kembali menekankan pentingnya investasi sebagai salah satu kunci bagi pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2023 dan meminta kepala daerah agar memberikan perhatian lebih terhadap investasi, serta tidak mempersulit investor dengan kendala izin hingga berbulan-bulan.

Terkait pengelolaan keuangan daerah, Presiden menyebutkan pemerintah telah memberikan ruang bagi daerah untuk dapat membangun dana abadi. Menurut Presiden, hal tersebut telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD).

Dana abadi milik daerah dapat diinvestasikan di INA (Indonesia Investment Authority) yang merupakan sovereign wealth fund milik Indonesia. Dana abadi tersebut diharapkan dapat menghasilkan investasi yang lebih tinggi setelah dimasukkan ke INA.

Poin selanjutnya dalam arahan Presiden Jokowi, beliau meminta daerah membangun daerah sesuai dengan ciri khas dan potensi.

“Buatlah brand kota sesuai dengan potensi dan keunggulan kita masing-masing, bisa misalnya kota pisang, kenapa tidak? Bisa kota ikan, kenapa tidak? Bisa kota musik, kenapa tidak? Bisa kota mebel, kenapa tidak?” ucap Presiden.

Lebih lanjut, Presiden menekankan bahwa pemerintah daerah juga harus konsisten dengan rencana induk yang telah dirancang dalam pembangunan tata kota dan penjenamaan tersebut.

“Tapi konsisten, kalau sudah kota pisang berarti nanam pisangnya harus lebih banyak di kota itu, kemudian menyiapkan industri untuk pascapanen pisang siapkan di kota itu, sehingga brand kota itu akan kelihatan,” jelasnya. | **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *