Bupati Harapkan Peran Optimal Dekranasda Majukan Usaha Kerajinan di Musi Rawas

Bupati Harapkan Peran Optimal Dekranasda Majukan Usaha Kerajinan di Musi Rawas

MUSI RAWAS – | Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Macmud minta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dapat berperan aktif dalam memajukan usaha kerajinan di Kabupaten Musi Rawas. Pemerintah Kabupaten Musi Rawas siap memfasilitasi dan membantu demi untuk perkembangan usaha kerajinan termasuk Batik Musi Rawas yang merupakan hasil dari kearifan lokal.

“Kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Musi Rawas hingga tingkat desa dan kelurahan dapat saling bersinergi membantu perkembangan usaha kerajinan lokal,” ungkap Bupati saat menghadiri Acara Pengukuhan Pengurus Dekranasda dan Launching Batik Kabupaten Musi Rawas, Senin (11/10/2021) di Pendopoan Rumdin Bupati Musi Rawas.

Bupati Ratna Machmud juga mengucapkan selamat kepada Pengurus Dekranasda semoga dapat melaksanakan kegiatannya untuk kesejahteraan masyarakat menuju Musi Rawas ‘MANTAB’ (Maju, Mandiri dan Bermartabat).

“Saya doakan semoga Allah SWT. memberikan kesehatan, kemampuan kepada kita semua dalam melaksanakan pengabdian untuk masyarakat kita di Kabupaten Musi Rawas,” ungkap Bupati.

Sebelumnya, Ketua Dekranasda Kabupaten Musi Rawas, H Riza Novianto menyampaikan Dekranasda berupaya melestarikan, membina, mendorong kearifan lokal dapat berkembang dan lebih maju.

“Sebagai mitra pemerintah, Dekranasda terus menggali potensi, kreatifitas untuk nilai ekonomi dan produksi yang tersebar hingga ke pelosok desa di Kabupaten Musi Rawas. Menciptakan dan menyiapkan SDM unggul melalui sentuhan pelatihan, pembinaan, pemasaran dan pengembangan.

Produk kearifan lokal perlu inovasi dan krearifitas serta diperlukan relasi agar produk kerajinan Musi Rawas dapat dikenal sampai seluruh Indonesia,” paparnya.

Menurutnya, hal lain yang mendukung perkembangan ini dengan memanfaatkan teknologi digital. Kita harus mampu berkompetisi agar produk lebih cepat di pasarkan dan bertemu calon pembeli. Pemanfaatan ini seperti dengan e-comerce.

“Saya berharap pengurus Dekranasda dapat bekerja dengan ikhlas, bekerja keras dan cerdas. Serta semangat agar mampu membawa produk kearifan lokal menjadi sekala nasional maupun global.

Kembangkan dan perkenalkan produk dan lakukan pembinaan di masyarakat desa atau pelosok dusun dengan elaborasi yang lebih baik sehingga produk lokal bisa diperkenallan.

Selain itu kepada kepada pemerintah beserta jajarannya, organisasi wanita, TP PKK serta stake holder lainnya, agar dapat saling bersinegi untuk memajukan produk lokal,” harapnya.

Sedangkan, Ketua 1 Dekranasda Kabupaten Musi Rawas, Warindi menyampaikan banyak potensi yang bisa dikembangkan usaha kerajinan masyarakat di Kabupaten Musi Rawas. Seperti anyaman, tenunan, batik dan lainnya.

“Banyak kreator maupun ide baru yang berbakat dari usaha kerajinan yang perlu didukung dan diberdayakan.

Usaha kerajinan ini telah berkembang dari tahun ke tahun, namun masih banyak kendala yang dihadapi, diantaranya sulit mendapatkan serat anyaman, batu, tanah liat maupun lainnya,” papar Warindi.

Selain itu, Warindi menjelaskan kendala dalam hal pemasaran, teknik produksi serta ketatnya persaingan. “Untuk itu, diharapkan melalui binaan Dewan Kerajinan Nasional yang merupakan mitra pemerintah, akan diupayakan lebih giat lagi serta dikembangkan.

Tentunya semua ini bisa menjadi jembatan masyarakat dengan ekonomi kreatif untuk menuju Musi Rawas Maju, Mandiri dan Bermartabat.

Terima kasih Ibu Bupati telah memfasilitasi dan membantu semoga upaya kita dapat lebih memberikan manfaat bagi masayrakat Musi Rawas khususnya dan Sumsel pada umumnya,” papar Warindi.

Acara dilanjutkan dengan Launcing Batik binaan Dekranasda, ada 4 jenis karya kearifan lokal diharapkan dapat dibudayakan di Kabupaten Musi Rawas maupun luar Musi Rawas.

Hadir Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti, Ketua TP PKK Kabupaten Musi Rawas. Para pimpinan OPD, Camat, Kades serta jajaran Pengurus Dekranasda Kabupatan Musi Rawas dan peraga Batik Musi Rawas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: