Antisipasi Kondisi dan Kesehatan, Personel Polres Periksa Tahanan

MUSI RAWAS – | Sebagai langkah antisipasi dan mengetahui kondisi kesehatan tahanan, Polres Mura dan Tim Urkes, melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para tahanan yang ada diruang tahanan, Mapolres Mura, Selasa (2/8/2022).

Tidak hanya melakukan pemeriksaan kesehatan tahanan, sejumlah sudut ruangan juga diperiksa guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Satu persatu tahanan maupun ruangan diperiksa secara teliti oleh personel Bagian Ops, Polres Mura, selain itu, seluruh tahanan dilihat kondisi kesehatannya.

Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono didampingi Kasubag Dal Ops, AKP Aprinaldi mengatakan bahwa tidak hanya kesehatan para tahanan, ruangan masing-masing tahanan juga tidak luput dari pemeriksaan, termasuk beberapa barang yang berada di dalam ruangan.

“Semua dilakukan pengecekan dan diperiksa sebagai antisipasi masuknya barang terlarang seperti narkoba, rokok, korek api, handphone dan berbagai alat yang dimungkinkan dapat membahayakan tahanan selama berada diruangan,” kata Kapolres didampingi Kasubag Dal Ops.

Kapolres menjelaskan, pemeriksaan ruang tahanan dan kesehatannya sudah rutin dilakukan, karena sudah menjadi tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Pemeriksaan dan pengecekan selain saat serah terima, juga rutin dilakukan setiap jam oleh petugas jaga tahanan.

“Meskipun mereka adalah tahanan, atau orang yang berbuat salah dan melanggar pasal-pasal hukum pidana yang berlaku, mereka tetap mempunyai hak untuk sehat, maka dari itu dilaksanakan pemeriksaan. Dan memberikan sejumlah himbauan agar mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi,” jelas suami Ny Irene Gusti Hartono.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, langkah ini dilakukan sebagai antisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan.

Melalui pengecekan dan pengawasan secara rutin dan terus-menerus yang dilakukan anggota jaga tahanan Polres Mura, diharapkan dapat mempersempit ruang gerak tahanan sekaligus memantau setiap aktifitas tahanan selama berada di dalam ruangan.

“Dan, alhamdulillah, dari laporan Bagian Ops dan Urkes jumlah tahanan lengkap dan kondisinya sehat. Semoga apa yang kami lakukan ini berdampak positif dan merupakan suatu bentuk usaha antisipasi agar tidak terjadi apa yang tidak kita inginkan bersama,” tutup Kapolres.

Menurut salah seorang tahanan mengatakan, selama berada diruang tahanan, para petugas melakukan pemeriksaan secara penuh.

Tidak hanya itu para petugas juga memberikan hak-hak hidup para tersangka dalam tindak pidana secara layak dipenuhi, seperti beribadah, makan dan minum, serta pelayanan kesehatan dan perawatan fisik lainya seperti berolah raga.

“Bahkan kebutuhan siraman rohani dengan pembinaan mental rohani, sehingga nantinya mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.