Wujudkan Desa Proklim, Masyarakat Sukamulya lakukan Swadaya Pembuatan Reaktor Biogas

Musirawas

Giat DLH Kabupaten Musi Rawas Lakukan Pendampingan dan Pembinaan Pembuatan Biogas Tabung Vertikal Dari Kotoran Ternak Sapi Di Desa Sukamulya, Kec. Tuah Negeri, Kab. Musi Rawas.

Rektor Biogas Merupakan Swadaya Masyarakat Desa Sukamulya, Peran DLH Kab Musi Rawas hanya melakukan pendampingan dan Pembinaaan kepada masyarakat. Pemanfaatan biogas kotoran ternak sebagai sumber energi untuk memasak sehari-hari Rumah Penampungan Anak Yatim & Punk, kapasitas reaktor biogas 110 liter dan dapat menghasilkan gas 2 Kg yang bisa di manfaatkan untuk memasak selama 6 jam dan menghidupkan lampu petromak 6 jam, sehingga nilai ekonomi yg di hasilkan sebesar Rp. 12.500/hari.

Menurut Teddy Laszuardy selaku Kadis LH Kab. Musi Rawas yang di dampingi oleh Jalin Elsaprike Kabid Tata Lingkungan menyampaikan bahwa pemanfaatan biogas merupakan usaha pengelolaan lingkungan yang ramah lingkungan, murah, mudah dan memiliki nilai ekonomi, jadi kita harus mensosialisasikan ke masyarakat di desa karena mereka memiliki ternak.

Inovasi pemanfatan kotoran ternak menjadi biogas ini merupakan inovasi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Rawas yang di adopsi oleh masyarakat desa Sukamulya untuk desa Proklim, karena Desa Sukamulya masuk nominasi penerima penghargaan Proklim Utama TK. Nasional tahun 2020, kita selalu memberikan karya nyata yang bermanfaat dan memberikan kontribusi bagi pembangunan Kabupaten Musi Rawas di bawah kepemimpinan Bapak Bupati Musi Rawas H. Hendra Gunawan dan Wakil Bupati Hj. Suwarti, ujar Jalin Kabid Tata Lingkungan. (*)Red

Tinggalkan Balasan