Wako Pimpin Apel Siaga Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan

LUBUKLINGGAU-

Wali Kota Lubuklinggau, H. SN Prana Putra Sohe, memimpin apel siaga dalam rangka penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kota Lubuklinggau, bertempat di lapangan eks Perkantoran Pemkab Musi Rawas (Posko Induk GTPP Covid-19 Kota Lubuklinggau), Rabu (15/7/2020).

Wako mengatakan apel siaga ini tidak hanya di Kota Lubuklinggau saja, tetapi diseluruh Indonesia. Kota Lubuklinggau sambungnya memiliki wilayah cukup luas, sehingga berpotensi terjadinya kebakaran.

Ia juga menjelaskan, di Bukit Cogong, ada hutan lindung yang berbatasan dengan Kabupaten Musi Rawas serta masih banyak lagi hutan lindung yang wajib dijaga, walaupun masih musim hujan tetapi ancaman kebakaran tetap saja ada, maka dari itu semua pihak harus siap siaga dan saling koordinasi untuk mengatasi musibah tersebut.

Disisi lain lanjut Wako, kelengkapan harus juga diperhatikan dan disiapkan dengan baik. “Agar koordinasinya berjalan sesuai harapan, akan ada rapat lanjutan. Harus koordinasi dengan wilayah lain (daerah tetangga) karena kebakaran bisa terjadi diperbatasan dan harapannya bisa kita atasi sedini mungkin,” katanya.

Wako menegaskan bila ditemukan pembakar lahan dan hutan illegal, maka ada sanksi hukum terhadap pelakunya.

Sementara Kapolres Lubuklinggau, AKBP Mustofa mengatakan saat ini sudah ada Kampung Tangkal Covid-19. Kampung ini juga bisa bertanggungjawab terhadap penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

“Tingkatkan koordinasi dengan baik agar titik api tidak menyebar secara luas dan semoga kebakaran yang terjadi pada 2019 tidak terulang lagi pada 2020,” imbuhnya. ***

Tinggalkan Balasan