Produk Dekranasda Kota Lubuklinggau Masuk Produk Unggulan. Kriya Sriwijaya

Pameran

Produk Dekranasda Kota Lubuklinggau menjadi salah satu unggulan di Kriya Sriwijaya yang diresmikan oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru, yang juga Pembina Dekranasda Sumsel meresmikan gedung Kriya Sriwijaya yang berlokasi di Jalan POM Kampus Palembang, Rabu (12/8/2020).

Ketua Dekranasda Kota Lubuklinggau, Hj Yetti Oktarina Prana menyampaikan produk Lubuklinggau yang tersedia di Kriya Agung diantaranya Songket, Batik, Produk turunan Minyak Serai Wangi, Anyaman, Kerajinan Kayu dan Rotan juga pakaian siap pakai seperti Jaket, Sweater, Mukena serta Hoodie.

Sesuai dengan arahan dari Gubernur, pemanfaatan Kriya Sriwijaya tidak hanya berfokus pada display produk mulai dari pakaian dan perhiasan saja. Terpenting adalah mempertahankan kearifan lokal.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Sumsel, Feby Deru mengatakan, pemanfaatan gedung Kriya Sriwijaya yang selama ini digunakan sebagai sekretariat Dekranasda belum termanfaatkan secara maksimal.

“Bapak Gubernur mendukung pemanfaatan gedung Kriya Sriwijaya ini sebagai pusat edukasi, pengembangan, dan promosi bagi pelaku usaha. Nantinya berbagai kegiatan dan kreativitas akan digelar di sini,” ungkapnya.

Kriya Sriwijaya ditambahkan Feby akan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat yang ingin mempelajari proses pembuatan kerajinan yang ada di Sumsel.

Sebagai pusat pengembangan, Kriya Sriwijaya juga menjadi etalase berbagai produk kerajinan berbagai kabupaten/kota di Sumsel.

“Ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo menyelenggarakan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Berbagai kegiatan yang dilakukan Kriya Sriwijaya sebagai bentuk dukungan kepada pelaku IKM/UKM selama pandemi. Serta merupakan kegiatan nyata dalam melestarikan budaya dan adat-istiadat Sumsel sehingga tetap terpelihara,” imbuhnya.

Kedepan Kriya Sriwijaya dapat menjadi tujuan wisata bagi para tamu yang datang berkunjung dari luar Sumsel, juga bekerja sama dengan biro travel/perjalanan.

sumber. Kominfo

Tinggalkan Balasan