Penting Olahraga Bagi Mahasiswa, Pandu: Mahasiswa STKIP PGRI Lubuklingggau.

Lubukkinggau

Olahraga merupakan suatu kegiaatan yang menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh khususnya untuk mahasiswa yang seharusnya menjaga kesehatannya dalam menjalankan aktivitas dalam perkuliahan. Banyak olahraga yang dapat dilakukan oleh seseorang, namun sebagian orang hanya melakukan beberapa atau salah satu kegiatan olahraga karena alasan kegemaran.

Menurut Pandu Kurniawan, Mahasiswa STKIP PGRI Lubuklingggau Mengatakan, Mahasiswa kerap tidak mempunyai waktu untuk olahraga, padahal olahraga adalah satu hal yang penting termasuk pada Mahasiswa agar tetap mempunyai fisik yang sehatan dan selalu menjalankan aktivitas dengan lancar.

“Kesibukan memang sering kali membuat kita sebagai mahasiswa lupa akan waktu. Terkadang pola makan yang tidak teratur juga disebabkan oleh padatnya kegiatan-kegiatan yang ada di kampus, termasuk kurangnya olahraga” Ujar Pandu.

Jadi Seberapa pentingnya olahraga untuk tubuh kita?

Menurut Rudi Erwandi sebagi ketua STKIP PGRI Lubuklingggau Mengatakan, dengan berolahraga kita dapat meningkatkan kemampuan otak, karena olahraga bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan mempercepat aliran darah menuju ke otak.

Olahraga juga dapat mengurangi stres dan mengurangi amarah, menaikkan daya tahan tubuh, dana memperbaiki kepercayaan diri. Tentu banyak sekali manfaatnya, Uppi, salah seorang Mahasiswa Poltekkes Makassar menyatakan bahwa satu kali seminggu meluangkan waktunya pada hari sabtu atau minggu dengan berolahraga.

Sementara itu Rais Firlando selaku ketua prodi pendidikan olahraga juga menjelaskan, jika Olahraga juga penting bagi mahasiswa untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

“Jarang berolahraga membuat tubuh kita tidak segar dan bisa memperburuk keadaan tulang. Kurang berolahraga juga menyebabkan tulang keropos, kekuatan otot tidak kuat dan mudah lemas saat beraktivitas dan susah untuk bergerak dan ini merupakan masalah yang sering di alami oleh mahasiswa” ujar Ketua jurusan.

Olahraga yang paling simpel dan bisa dilakukan dimana saja adalah dengan melakukan lari dan jogging. Oleh sebab itu olahraga dapat menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, pada dasarnya dengan berolahraga, manfaatnya saat otak kita yang penuh dengan berjuta-juta tugas akan menjadi segar dan siap untuk menerima tugas baru tentunya dengan ide yang baru.

“Kurangnya konsentrasi pada saat menerima perkuliahan dan rasa mengantuk merupakan ciri bahwa tubuh kita perlu untuk sering digerakkan. Namun mahasiswa kurang menyadari akan hal itu” tambah Rais.

Mahasiswa hanya mengetahui satu atau dua manfaat saja dari melakukan olahraga, selain itu olahraga juga mengembangakan pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan aktivitas jasmani, perkembangan estetika, dan perkembangan sosial dan mendorong partisipasinya dalam aneka aktvitas jasmani untuk menguasai keterampilan gerak dasar baik secera kelompok maupun dalam perorangan.

Sementara itu Hengky Remora salah satu dosen pendidikan olahraga STKIP PGRI Lubuklingggau mengatakan,
Diringkaskan dalam terminologi yang populer, maka tujuan pembelajan pendidikan jasmani dalam perguruan tinggi itu harus mencakup tujuan domain psikomotorik, domain kognitif, dan tak kalah pentingnya dalam domain afektif, olahragapun fungsi dalam tubuh dimana hormon-hormon ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

“Olahraga dapat membuat tidur kia nyenyak, Alasanna setelah kegiataun fisik, kelelahan setelah itu akan membuat anda akan lebih lelap tidur, jika anda tidur dengan nyenyak maka konsentrasi akan terjaga dan tubuh akan menjadi bugar” ujar Hengki.

Iya berharap kepada para mahasiswanya agar dapat memanfaatkan pula kampus sebagai sarana untuk berolahraga.

“Lakukan olahraga minimal seminggu sekali selama 2-3 jam. Mulailah hidup sehat dengan berolahraga agar kesehatan pola hidup sehat, dan mengurangi makanan, dan banyak mengkomsumsi buahdan sayur” pungkasnya.

Artikel : Mahasiswa STKIP PGRI Lubuklingggau, Pandu Kurniawan 6017077.

Tinggalkan Balasan