HD Hadiri Acara Serah Terima Sertifikat Tanah oleh Presiden RI Secara Virtual

Sumsel

Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi Forkopimda Sumsel menghadiri acara penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di seluruh Indonesia secara virtual (Auditorium Graha Bina Praja, Senin, 09/11/2020)

Dalam kesempatan itu, Presiden RI, Joko Widodo mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka bulan bakti agraria dan tata ruang. Jokowi katakan bahwa hari ini Ia membagikan 1 juta sertifikat tanah kepada masyarakat di 31 Provinsi dan 201 kab/kota di Indonesia.

Jokowi katakan telah menginstruksikan percepatan pembagian sertifikat tanah karena berdasarkan pada data yang ada tahun 2015, hanya 80 juta dari 126 juta bidang tanah belum terdaftar. Jika 5 tahun hanya membagi kurang lebih 500.000 tanah maka dibutuhkan 160 tahun untuk menyelesaikannya.

“Kita harus bekerja dengan target yang akan saya berikan. Alhamdulillah seluruh kerja keras Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR /BPN) Kab Kota di Indonesia, tahun 2017, telah 5,4 juta sertifikat dari yang sebelumnya 500 ribu. Tahun ini saya targetkan 10 juta sertifikat lagi, saya bisa toleransi karena ini berada pada masa Pandemi,” ungkapnya.

Lanjutnya, Jokowi targetkan tahun 2025, seluruh bidang tanah di Indonesia sudah bersertifikat termasuk sertifikat untuk tempat ibadah. Ia mengungkapkan alasannya membagikan sertifikat ini secara langsung karena setiap dirinya kunjungan kerja ke desa-desa keluhan yang masuk ke Jokowi yaitu ada banyak tanah belum tersertifikat, sehingga dilapangan banyak sengketa dan konflik tanah.

Turut hadir Ketua DPRD Prov. Sumsel, Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH, Plt. Kajati Sumsel Oktavianus, SH, MH, Danrem 044/GAPO, Brigjen TNI. Jauhari Agus Suraji S.I.P, S.Sos., Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Akhmad Najib, Kadis Kominfo, H Achmad Rizwan, SSTP, MM, Kadis LHP, Edward Candra, M.H. (Sumber Kominfo Sumsel)

Tinggalkan Balasan