Rakorwasdanas Tahun 2020 Melalui Video Conference, di Ruang Rapat Bina Praja

Silampari.Com – Musirawas

Pemerintah Kabupaten Musi Rawas ikuti Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Secara Nasional (Rakorwasdanas) Tahun 2020 melalui Video conference di Ruang Rapat Bina Praja Kabupaten Musi Rawas, kamis (03/09/2020).

Kepala BPKP Pusat Muhammad Yusuf Ateh, Ak., MBA menjelaskan, Peran Daerah sangat penting untuk mendukung kesuksesan dalam penanganan covid-19 dengan mempercepat Penyaluran insentif dan santunan kematian bagi tenaga kesehatan serta meningkatkan kapasitas rumah sakit untuk mengantisipasi lonjakan pasien covid-19. Dalam jaringan pengaman sosial Juga dapat diwujudkan dengan pemutakhiran data penerima bansos (termasuk DTKS) dan pemanfaatan hasil integrasi data BPKP sebagai pertimbangan penyaluran bansos APBD.

Sesuai PMK NO 105/PMK.07/2020 dalam pengelolaan pinjaman pemulihan ekonomi nasional untuk Pemerintah Daerah dapat diwujudkan dengan melakukan pendataan pelaku usaha dan UMKM di Daerah, Menyiapkan skema insentif daerah untuk mendorong percepatan kebangkitan pergerakan ekonomi di daerah, menyusun rencana kegiatan pemulihan ekonomi dan pemetaan atas pembiayaannya.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian selaku pimpinan Rakor Mengingatkan, pandemi covid-19 menjadi penyebaran terluas dalam sejarah umat manusia yang telah menimbulkan rasa krisis di banyak negara dan membuat pesimis dunia ekonomi, “untuk itu tugas kita untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi Nasional, bergerak bersama dalam memaksimalkan anggaran dalam menangani Pandemi Covid-19” Ujar Mendagri “.(*)

Tinggalkan Balasan